Pengertian SDLC
![http://www.cleversoftware.by/images/sdlc.gif](file:///C:\Users\vangga\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
SDLC adalah Tahapan – tahapan suatu pekerjaan yang dilakukan oleh
seorang analisis system dan programmer dalam membangun sebuah sistem informasi
Supaya berjalan dengan disiplin dan sistematis. Langkah yang digunakan meliputi
tahapan, seperti analisis kebutuhan, desain, dan coding.
Pendekatan dalam SDLC :
1. Waterfall approach „
2. Prototyping approach „
3. Spiral approach
Teknologi Systems Inc perlu mengembangkan perangkat lunak untuk
bank yang akan menawarkan layanan baru kepada pelanggan. Layanan ini
memungkinkan nasabah bank untuk membayar tagihan telepon melalui Internet. Bank
menawarkan layanan ini sebagai percobaan, dan sebagai hasilnya, persyaratan
perangkat lunak tidak konsisten.
Menjadi sebuah proyek eksperimental, persyaratan perangkat lunak
juga bisa berevolusi selama proses software-pembangunan. Persyaratan baru dari
perangkat lunak ini termasuk interaksi pengguna yang canggih dan mudah
digunakan antarmuka. Persyaratan lain yang penting untuk perangkat lunak adalah
menjaga keamanan dan privasi informasi pelanggan karena perangkat lunak akan
melibatkan otorisasi dan otentikasi kartu kredit informasi yang diberikan oleh
pelanggan. Bank juga berencana untuk menyediakan layanan yang sama di ponsel.
Pesaing lain dari bank juga berencana untuk menawarkan layanan yang sama dan,
karena itu, bank memerlukan sistem yang bekerja untuk software ini sesegera
mungkin. Hanya beberapa top-manajer tingkat bank, yang telah mengidentifikasi
layanan baru ini, dapat memberikan persyaratan lengkap pada perangkat lunak
ini. Namun, para karyawan tidak sering tersedia karena beban kerja mereka dan
janji sebelumnya.
4. Win-win spiral approach „
5. Incremental approach
2. Yang dimaksud dengan UML & OOAD adalah :
a. Unified Modeling Language(UML) adalah himpunan struktur dan
teknik untuk pemodelan desain program berorientasi objek (OOP) serta
aplikasinya. UML adalah metodologi untuk mengembangkan sistem OOP dan
sekelompok perangkat tools untuk mendukung pengembangan sistem.
b. OOAD adalah metode analisis yang memeriksa requirements dari
sudut pandang kelas kelas dan objek yang ditemui dalam ruang lingkup
permasalahan yang mengarahkan arsitektur software yang didasarkan pada
manipulasi objek-objek system atau subsistem.OOAD merupakan cara baru dalam
memikirkan suatu masalah dengan menggunakan model yang dibuat menurut konsep
sekitar dunia nyata. Dasar pembuatan adalah objek,yang merupakan kombinasi
antara struktur data dan perilaku dalam satu entitas.
3. Perbedaan antara waterfall approach dan spiral approach adalah:
Waterfall
>>Tidak bisa diulang fasenya
>>Sulit melakukan perubahan
Adapun Metode yg digunakan:
> Initiation
> Analysis
> Design
> Construction
> Integration and testing
> Implementation and maintance
Spiral
>>Bisa dilakukan looping ketika metode terakhir
terselesaikan
>>Dapat melakukan beberapa perubahan ketika terjadinya
looping
Adapun Metode yang di gunakan:
> Customer communication
> Planning
> Risk analysis
> Enginering
> Construction and release
> Customer evaluation
4. menggabambarkan cara kerja yang existing (yang ada saat ini)
dari organiosasi dan tugas-tugas tanggung jawab dan wewenang personil; dalam
menjalankan sebuah proses.
Contoh: SISTEM PENERIMAAN CALON MAHASISWA BEASISWA
Bisnis actor : Media, Calon Mahasiswa
Bisnis worker : Dosen, Marketing
Ini merupakan idsentifikasi sistem penerimaan calon mahasiswa
beasiswa.
“ Marketing memberikan data kepada media untuk
disebarkan/diinformasikan kepada calon mahasiswa,kemudian calon mahasiswa
mencari informasi tersebut, kemudian mahasiswa registrasi dan mengumpulkan
berkas, dan melakukan tes yang diadakan oleh dosen berdasarkan jadwal yang
sudah ditentukan oleh pihan dosen dan marketing, selanjutnya mahasiswa tinggal
menunggu pengumuman dari marketing.
5. System Boundary adalah batasan antara sistem dan actor, semua
use case harus ada dalam system boundary.
6. Sebutkan
dan jelaskan 3 langkah kerja dalam mengidentifikasi system boundary!!
Langkah-langkah untuk mengidentifikasi batas sistem adalah:
a. Prioritaskan kasus penggunaan sistem. Kasus penggunaan yang
menerapkan fitur dasar dari sistem perangkat lunak memiliki prioritas
tertinggi.
b. Mengidentifikasi iterasi untuk mengembangkan sistem. Iterasi
pertama termasuk
kasus penggunaan dasar sistem dan iterasi berturut termasuk kasus
penggunaan sisa sesuai dengan prioritas mereka.
c. Mengidentifikasi interaksi antara kasus penggunaan dan aktor
dari setiap iterasi.
7. System Boundary for my project
Pengertian SDLC
![http://www.cleversoftware.by/images/sdlc.gif](file:///C:\Users\vangga\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
SDLC adalah Tahapan – tahapan suatu pekerjaan yang dilakukan oleh
seorang analisis system dan programmer dalam membangun sebuah sistem informasi
Supaya berjalan dengan disiplin dan sistematis. Langkah yang digunakan meliputi
tahapan, seperti analisis kebutuhan, desain, dan coding.
Pendekatan dalam SDLC :
1. Waterfall approach „
2. Prototyping approach „
3. Spiral approach
Teknologi Systems Inc perlu mengembangkan perangkat lunak untuk
bank yang akan menawarkan layanan baru kepada pelanggan. Layanan ini
memungkinkan nasabah bank untuk membayar tagihan telepon melalui Internet. Bank
menawarkan layanan ini sebagai percobaan, dan sebagai hasilnya, persyaratan
perangkat lunak tidak konsisten.
Menjadi sebuah proyek eksperimental, persyaratan perangkat lunak
juga bisa berevolusi selama proses software-pembangunan. Persyaratan baru dari
perangkat lunak ini termasuk interaksi pengguna yang canggih dan mudah
digunakan antarmuka. Persyaratan lain yang penting untuk perangkat lunak adalah
menjaga keamanan dan privasi informasi pelanggan karena perangkat lunak akan
melibatkan otorisasi dan otentikasi kartu kredit informasi yang diberikan oleh
pelanggan. Bank juga berencana untuk menyediakan layanan yang sama di ponsel.
Pesaing lain dari bank juga berencana untuk menawarkan layanan yang sama dan,
karena itu, bank memerlukan sistem yang bekerja untuk software ini sesegera
mungkin. Hanya beberapa top-manajer tingkat bank, yang telah mengidentifikasi
layanan baru ini, dapat memberikan persyaratan lengkap pada perangkat lunak
ini. Namun, para karyawan tidak sering tersedia karena beban kerja mereka dan
janji sebelumnya.
4. Win-win spiral approach „
5. Incremental approach
2. Yang dimaksud dengan UML & OOAD adalah :
a. Unified Modeling Language(UML) adalah himpunan struktur dan
teknik untuk pemodelan desain program berorientasi objek (OOP) serta
aplikasinya. UML adalah metodologi untuk mengembangkan sistem OOP dan
sekelompok perangkat tools untuk mendukung pengembangan sistem.
b. OOAD adalah metode analisis yang memeriksa requirements dari
sudut pandang kelas kelas dan objek yang ditemui dalam ruang lingkup
permasalahan yang mengarahkan arsitektur software yang didasarkan pada
manipulasi objek-objek system atau subsistem.OOAD merupakan cara baru dalam
memikirkan suatu masalah dengan menggunakan model yang dibuat menurut konsep
sekitar dunia nyata. Dasar pembuatan adalah objek,yang merupakan kombinasi
antara struktur data dan perilaku dalam satu entitas.
3. Perbedaan antara waterfall approach dan spiral approach adalah:
Waterfall
>>Tidak bisa diulang fasenya
>>Sulit melakukan perubahan
Adapun Metode yg digunakan:
> Initiation
> Analysis
> Design
> Construction
> Integration and testing
> Implementation and maintance
Spiral
>>Bisa dilakukan looping ketika metode terakhir
terselesaikan
>>Dapat melakukan beberapa perubahan ketika terjadinya
looping
Adapun Metode yang di gunakan:
> Customer communication
> Planning
> Risk analysis
> Enginering
> Construction and release
> Customer evaluation
4. menggabambarkan cara kerja yang existing (yang ada saat ini)
dari organiosasi dan tugas-tugas tanggung jawab dan wewenang personil; dalam
menjalankan sebuah proses.
Contoh: SISTEM PENERIMAAN CALON MAHASISWA BEASISWA
Bisnis actor : Media, Calon Mahasiswa
Bisnis worker : Dosen, Marketing
Ini merupakan idsentifikasi sistem penerimaan calon mahasiswa
beasiswa.
“ Marketing memberikan data kepada media untuk
disebarkan/diinformasikan kepada calon mahasiswa,kemudian calon mahasiswa
mencari informasi tersebut, kemudian mahasiswa registrasi dan mengumpulkan
berkas, dan melakukan tes yang diadakan oleh dosen berdasarkan jadwal yang
sudah ditentukan oleh pihan dosen dan marketing, selanjutnya mahasiswa tinggal
menunggu pengumuman dari marketing.
5. System Boundary adalah batasan antara sistem dan actor, semua
use case harus ada dalam system boundary.
6. Sebutkan
dan jelaskan 3 langkah kerja dalam mengidentifikasi system boundary!!
Langkah-langkah untuk mengidentifikasi batas sistem adalah:
a. Prioritaskan kasus penggunaan sistem. Kasus penggunaan yang
menerapkan fitur dasar dari sistem perangkat lunak memiliki prioritas
tertinggi.
b. Mengidentifikasi iterasi untuk mengembangkan sistem. Iterasi
pertama termasuk
kasus penggunaan dasar sistem dan iterasi berturut termasuk kasus
penggunaan sisa sesuai dengan prioritas mereka.
c. Mengidentifikasi interaksi antara kasus penggunaan dan aktor
dari setiap iterasi.
7. System Boundary for my project
Tidak ada komentar:
Posting Komentar